PEMBERITAHUAN :

NEWS ! : Kini Poskicau.com jg melayani jual/beli Tanaman Hias/BONSAI

Iklan Banner Premium

Iklan Banner  Premium
F.Purwo 08813347987-081234299266
"Terima kasih sudah berkunjung.. "

Tuesday, January 18, 2011

TIPS : Mempersiapkan Tledekan Untuk Lomba

Tips Mempersiapkan Tledekan Untuk Lomba

Saya ingin membagi pengalaman untuk mempersiapkan tledekan yang akan di lombakan...ada kemungkinan berbeda dari para senior yang laen mungkin dapat di tambah kan atau di koreksi.....

Sebetul nya untuk tledekan menurut saya tidak bisa di samakan semua dlaam rawatan untuk lombanya..karena saya waktu itu mempunyai tledekan 9 ekor rawatannya berbeda semua...tapi mungkin ini untuk garis besar nya saja dan untuk mengira2 mungkin2 ada yang cocok bagi kicaumania semua....

rawatan sebelum lomba:

-burung mandi 2x sehari pagi dan malam,biasakan dalam karamba,kalau tidak bisa di sangkar dan di kasih cepuk


-untuk penjemuran saya tidak pernah memberi makan waktu jemur,cuman air saja
-kroto pilih yang putih2 saja dan setengan ceput tempat kroto yang biasa (bukan murai atau yg kecil)
-jangkrik 1-2 pagi sore (hongkong di kasih kalau suhu udara bener2 dingin atau hujan terus tidak ada matahari 1-2biji pilih yang putih)
-untuk tledekan saya tidak pernah memakai kerodong full 24jam buka krodong.
-kebiasaan saya tidak pernah pakai cash betina,dan jangan di dekatkan ke betina,karena biasanya untuk nyetel birahi nya agak susah (menurut saya lho)
-untuk penggantungan JANGAN SEKALI2 DI DEKATKAN DENGAN BLOWER AC,kejadian punya saya stresss berat (2 tledekan yang jadi korban,1x mabung belum sembuh total )
-misalkan minggu kita lomba,hari sabtu pagi mandi,EF jangkrik tambah 1 biji dari biasanya,ulat hongkong tambah 1-2 biji yang putih,burung di angin2 sebentar sampai kering dan tidak usah di jemur, lalu full krodong samapi besok pagi,kalau bisa di karantina jangan didekat kan dengan burung yang gacor,untuk meminimalisasi tledekan tersebut bunyi terus menerus.
-untuk pergantian sangkar bisa pada waktu sabtu atau minggu sebelum kita berangkat. biasanya kalau hari sabtu itu burung yang susah pindah sangkar...karena untuk meminimalisasikan tingkat ke stress an burung.
-apabila burung tledekan kita terlalu birahi,saya biasanya memakai cacing tanah 1-2 biji untuk bikin drop atau dengan ulat bumbung 1 ekor (khusus ulat bumbung jangan terlalu banyak...karena saya pernah mencoba memberi 4 biji pagi 2 sore 2,bener2 drop,malah kurang mau tarung tledekan tersebut dan volume bururng tersebut seperti lirih sekali.
-burung di usahakan supaya mau mandi..karena apabila tidak mandi biasanya kurang tampil (tapi jangan di paksa/di perkosa supaya mandi)
-kalau saya jarang memakai tonic,karena setelah mabung biasanya kalau tonic di lepas kondisi burung akan jauh sekali dari yang di harapkan (ini juga menurut saya,karena ada 2 ekor yang begitu...gak tau kalau yang di lain tempat)
-untuk EF jangkrik,hongkong dll tergantung dari pencermatan kita,karena tiap2 burung tledekan mempunyai karakter2 sendiri,tapi di biasakan mulai dari sedikit,lalu kita perhatikan..kalau kurang di tambah kalau lebih kita kurangi..kalau tetap bingung kita JUAL BURUNG NYA
-yang jelas burung tersebut menurut saya harus sering mandi,jemur cukup
-untuk sangkar saya biasanya menggunakan ukuran maxs 38x38.dengan 2 tutup kerodong atau 1 tapi tidak tembus pandang (karena sifat fighter tledekan,apabila tembus dia bunyi terus,akan mengurangi tenaga dia waktu nanti di tarungkan)

Nah itu mungkin kiat2 saya dalam mempersiapkan tledekan untuk lomba,mungkin ada kekurangan atau berbeda dari yang laen mohon di tambah atau di kritik..supaya saya lebih tau lagi.

salam kicaumania
R.Aris
Misterius-BumenBC
Referensi : http://kicaumania.org
Description: TIPS : Mempersiapkan Tledekan Untuk Lomba Rating: 4.5 Reviewer: Jasa Penerjemah Manual - ItemReviewed: TIPS : Mempersiapkan Tledekan Untuk Lomba